Selasa, 29 Juni 2010

Internet gratis telkomsel juli 2010

Buat yang suka dan memburu gratisan, telkomsel masih memperpanjang gratisan sampai bulan juli, buruan sedot sebelum di banned. Berikut saya berikan perbandingan kecepatan flash yang berbayar dengan gratisan.

Proxy Telkomsel bulan juli 2010

Proxy telkomsel 1
Proxy telkomsel 2
Proxy telkomsel 3
Proxy telkomsel 4
Proxy telkomsel 5
Proxy telkomsel 6

Cara setting internet gratis telkomsel via handPhone

http://apps.facebook.com/gratisantelkomsel/

Cara seting internet gratis telkomsel di komputer

biasanya ga bisa login di facebook, gmail, blogger, pake cara ini

Trik login web facebook di gratisan telkomsel


Saya menggunakan telkomsel flash sudah hampir satu tahun, setiap bulannya saya hanya bisa menikmati kecepatan 3,5Mbps max 5 hari karena quota basic saya hanya 1 gb, dan internet saya share dengan dua komputer setelah itu turun kecepatannya menjadi 900kbps.
sebenarnya tersiksa dengan kecepatan segitu, tapi karena kartunya bisa dipake di hp dan modemnya juga bisa dibawa mobile jadi masih tak pertahanin.

Ngomong-ngomong gratisan, sebenarnya saya kecewa berat terhadap telkomsel, saya rasa telkomsel sudah tau adanya gratisan. Jika kartu tidak ada pulsa dan sudah tenggang secara otomatis tidak mungkin bisa konek internet. karena saya sering kekurangan pulsa dulu kalo ol pake hp selalu habis dan ada peringatan data paket tidak tersedia periksa layanan jaringan.

Lebih parahnya lagi kecepatan bulanan saya yang bayar 125.000 kalah cepat dengan gratisan, ini perbedaan yang sudah saya bandingkan:

Perbedaan kecepatan Telkomsel flash bulanan dengan gratisan

Telkomsel flash basic Rp.125 rb/bulan <--------------------> Kartu AS tenggang












APN : Internet <--------------------> APN: Telkomsel
untuk setingan APN,






speed: 900Kbps <--------------------> speed: 3,5 Mbps
Perbedaan kecepatan menggunakan gprs counter,











kecepatan download 7 kb/s <--------------------> kecepatan download 50 kb/s

Perbedaan kecepatan download menggunakan Internet Download Manager. ( Patch & Keygen )

Kalau ada yang gratis kenapa tidak.. Selamat mencoba..

Sabtu, 19 Juni 2010

MC (Master of Ceremonial) dan PROTOKOLER




Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas terstruktur
Mata Kuliah : Retorika
Dosen Pengampu : Uus Uswatussolihah M.Ag

Disusun oleh :
Nama : Basirudin
NIM : 032612022
Jur / Prodi : Dakwah / KPI

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PURWOKERTO
2010



PENDAHULUAN

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sudah pernah mengikuti suatu acara baik acara itu resmi ataupun tidak resmi. Dalam suatu acara terdapat seseorang yang bertugas untuk mengatur jalannya acara yaitu seorang MC (Master of Ceremonial) atau pembawa acara yang tidak dapat dipisahkan dari suatu acara. Bayangkan saja suatu acara yang tidak adanya pembawa acara, maka tidak akan sukses suatu acara. Master of ceremony atau pembawa acara merupakan suatu profesi, untuk itu seorang MC dituntut untuk professional. Karena profesi MC sangat berpengaruh dengan jalannya suatu acara. Dimana seorang Mc harus mampu membaca situasi, menciptakan suasana sesuai dengan karakter acaranya, yang memungkinkan adanya dialog dengan audience.
Selain adanya MC, dalam suatu acara yang resmi terdapat protocol, yaitu tata acara, khususnya acara resmi, seperti acara kenegaraan atau melibatkan pejabat negara; pengaturan keseluruhan kegiatan dari awal hingga akhir. Pada makalah ini akan dibahas mengenai MC atau pembawa acara dan protocol.



A. MC (Master of Ceremony)

1. Pengertian MC
MC kependekan dari Master of Ceremony. Artinya “penguasa acara”, pemandu acara, pengendali acara, pembawa acara, pengatur acara, atau pemimpin upacara. MC bertindak selaku “tuan rumah” (host) suatu acara atau kegiatan/pertunjukan. Ia nerperan mengumumkan susunan acara dan memperkenalkan orang yang akan tampil mengisi acara. Ia pula yang bertanggung jawab memastikan acara berlangsung lancar dan tepat waktu, serta meriah atau khidmat dari awal hingga akhir.

Master of Ceremony adalah orang yang bertugas memandu acara dan bertanggung jawab atas lancar dan suksenya acara. Seorang MC harus mampu membaca situasi, menciptakan suasana sesuai dengan karakteristik acaranya, dan memungkinkan adanya dialog dengan audience. Acara yang dibawakan adalah acara-acara hiburan yang menuntut kreativitas dan improvisasi yang akan menciptakan karakteristik acara sesuai dengan jenis acaranya.
Tugas utama seorang MC adalah mengatur susunan atau jalannya acara agar acara tersebut bisa berjalan dengan baik dan tersusun sistematis. Dalam kegiatan yang di acarakan, selalu ada orang yang bertugas memberitahu dan mengatur pelaksanaan setiap mata acara. Pergantian dari satu mata acara ke mata acara berikutnya selalu mengikuti perintahnya. Orang-orang yang terlibat dalam setiap mata acara itu pun selalu mematuhinya. Lancer dan tidaknya suatu acara sangat bergantung kepadanya.

Sebagai seorang MC, dia harus bisa menarik perhatian hadirin untuk segera merasa terlibat dalam pertemuan itu. Kalau upaya ini gagal, jalannya acara menjadi hambar, tidak berkesan dan mengecewakan. Sebaliknya bila pembawa acara pandai menguasai dan mengasyiki hadirin, maka acara tersebut menjadi lancer dan menyenangkan. Dengan demikian kesuksesan sebuah acara berada di tangan MC.

2. Syarat menjadi MC
Berikut ini adalah beberapa persyaratan utama yang harus dimiliki oleh seorang Master of Ceremony:
a. Pengetahuan dan pengalaman luas
b. Cerdas
c. Rasa Humor
d. Sabar
e. Imajinasi
f. Antusiasme
g. Rendah hati dan bersahabat
h. Kemampuan bekerjasama


B. Protokoler

1. pengertian Protokoler
Kata “protocol” berasal dari bahasa Yunani protos dan kola. Dalam bentukan kata “protocollum” berarti “yang pertama dilekatkan”, dan dalam perkembangannya kita memiliki kata protocol yang berarti lembar pertama yang dilekatkan pada dokumen perjanjian internasional, yang memuat tentang urutan acara. Perkataan protocol di Indonesia pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh bangsa Belanda dan Inggris, kemudian melalui proses panjang menjadi protokol yang kita kenal sekarang.
Protokoler adalah seluruh hal yang mengatur pelaksanaan suatu kegiatan. Kegiatan tersebut dari awal hingga akhir bisa saja dilaksanakan di dalam ruangan atau juga di luar ruangan, misalnya lapangan. Terlepas dari materi pokok yang dilaksanakan dalam suatu kegiatan tersebut, masalah-masalah protokoler lebih menitikberatkan pada hasil atau tidaknya pelaksanaan suatu kegiatan. Dengan demikian masalah protokoler lebih ditekankan pada hal-hal yang mengatur seluruh manusia yang terlibat dalam pelaksanaan suatu kegiatan.

2. Tahapan – Tahapan Protokoler
Suatu kegiatan apapun pada dasarnya merupakan pelaksanaan dari hasil kerja tahapan-tahapan sebelumnya. Tahapan-tahapan tersebut diperlukan untuk menunjang suksesnya puncak acara. Berhasil atau tidaknya suatu kegiatan juga ditentukan olek baik atau buruknya tahapan-tahapan sebelumnya.
Tahapan-tahapan yang dimaksud adalah:
1. Tahap orientasi
Untuk melaksanakan suatu kegiatan terlebih dahulu mempertimbangkan tentang latar bellanga, tujuan, manfaat, dan kemungkinan yang akan terjadi dari acara tersebut.
2. Tahap Persiapan
Dalam tahap persiapan, langkah-langkahnya meliputi; pembentukan panitia, rapat panitia.
3. Tahap pelaksanaan
Tahapan pelaksanaan suatu kegiatan tidak akan lepas dari masalah protokoler, lancer atau tidaknya suatu kegiatan tergantung dari protokoler.
4. Tahap Penutup
Yang dimaksud tahap penutupan dalam suatu kegiatan ialah suatu tahapan terakhir yang harus dilalui oleh seorang atau sekelompok setelah kegiatan itu menyelesaikan kegiatan.


Dalam kegiatan resmi protocol meliputi :
- Tata cara
Tata cara lebih banyak diartikan dengan tata cara berlangsungnya suatu acara. Setiap acara mempunyai cirri sendiri dalam penmyelenggaraannya. Protocol banyak diterapkan pada acara-acara resmi yang seharusnya dilakukan menurut urutan tertentu yang sudah di tetapkan dan harus ditaati dengan seksama oleh seluruh panitia penyelenggara, petugas dan hadirin.
Pada acara resmi, upacara dikalangan ABRI misalnya, urutan acara dan tata penyelenggaraanya sudah diatur dalam juklak yang di bakukan dengan surat keputusan. Pada beberapa instansi juga telah dibuat peraturan yang dibakukan, berdasarkan pada rumusan tertentu dipakai sebagai panduan dalam setiap penyelenggaraan acara.
- Tata karma
Dalam pelaksanaan acara, tata karma dipergunakan untuk memberikan penghormatan atau perlakuan khusus, baik kepada seseorang karena jabatannya atau peranannya dalam acara tersebut, atau bisa juga dipergunakan terhadap benda yang dianggap penting karena fungsi atau peranan historisnya.
Perlakuan /penggunaan tata karma meliputi :
o tata tempat
o tata penyebutan
o lagu kebangsaan
o petugas
Dalam pelaksanaan tugas, selalu terlibat orang-orang dalam suatu grup yang menjalankan aturan pelaksanaan acara sesuai dengan tata cara dan tata karma.
Berkaitan dengan hal ini, seorang protocol yang adalah petugas pelaksana keprotokolan seyogyanya juga menjadikan aturan-aturan yang kini telah dibakukan dan merupakan aturan resmi dalam kedinasan sebagai sarana untuk meingkatkan disiplin dan dedikasi dalam bekerja.
Protocol hamper mirip dengan etiket, dan boleh dikatakan bahwa protocol adalah etiket dalam pemakaiannya yang khas. Etiket adalah tata sopan santun yang secara umum berlaku dalam masyarakat, yang mengatur hubungan antar manusia. Sedangkan protocol lebih khusus dipergunakan dalam hubungan resmi antar-bangsa dan antar-negara.


Ruang lingkup protocol
Dalam pelaksanaannya, tugas keprotokolan dilaksanakan dalam beberapa kegiatan, antara lain :
- Penerimaan tamu atau audiensi.
- Perjalanan atau peninjauan.
- Pengaturan rapat atau pertemuan.
- Penyelenggaraan resepsi, upacara hari besar nasional dan keagamaan.
- Apel bendera.
- Pelantikan, serah terima jabatan dan pelepasan.
- Peresmian proyek.
- Pelayanan bagi para diplomat yang antara lain meliputi : kekebalan dan kelonggaran diplomayik, fasilitas pelabuhan, pemberian hak-hak tertentu, penyusunan daftar diplomatic dan konsulat.
- Pembuatan pernyataan selamat dan belasungkawa.



KESIMPULAN

MC (Master of Ceremony) adalah orang yang bertugas mengatur jalannya acara dalam suatu protokoler. Jadi MC adalah bagian dari protokoler. Tugas utama seorang MC adalah mengatur susunan atau jalannya acara agar acara tersebut bisa berjalan dengan baik dan tersusun sistematis. Dalam kegiatan yang di acarakan, selalu ada orang yang bertugas memberitahu dan mengatur pelaksanaan setiap mata acara. Pergantian dari satu mata acara ke mata acara berikutnya selalu mengikuti perintahnya. Orang-orang yang terlibat dalam setiap mata acara itu pun selalu mematuhinya. Lancer dan tidaknya suatu acara sangat bergantung kepadanya.
Protokoler merupakan seluruh pengaturan perjalanan acara-acara dalam suatu kegiatan. Dari mulai penerimaan tamu, menyajikan hidangan, mengatur acara, membuka dan menutup acara dan sebagainya. Masalah-masalah protokoler adalah masalah-masalah yang mengatur seluruh kegiatan selama acara-acara berlangsung dengan mempertimbangkan waktu dan tempat.



DAFTAR PUSTAKA

Lies Aryati, Panduan untuk menjadi MC Profesional, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2007.
Yasin, Sulchan, MC ( Pembawa Acara dan Contoh Pidato) Penerbit Mekar Surabaya, Surabaya, 1991
HUKUM JUAL BELI KREDIT DALAM ISLAM









Makalah ini disusun guna memenuhi tugas terstruktur
Mata kuliah : Tafsir hadits ijtima’i
Dosen pengampu : Elya Munfarida M.Ag



Disusun oleh :
Basirudin (032612022)


PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
JURUSAN DAKWAH
SEKOLH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PURWOKERTO
2010




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Jual beli dalam fiqih Islam terkadang dilakukan dengan pembayaran kontan dari tangan ke tangan, dan terkadang dengan pembayaran dan penyerahan barang tertunda. Terkadang salah satu keduanya kontan dan yang lainnya tertunda. Pembayaran tertunda itu sendiri terkadang dibayar belakangan dengan sekali bayar sekaligus. Terkadang di-bayar dengan cicilan, yakni dibayar dengan jumlah tertentu pada waktu-waktu tertentu. Itu disebut jual beli bai’taqsit atau kredit.
Semakin bertumbuhnya penduduk dan kebutuhan yang semakin meningkat memaksa orang untuk melakukan jual beli dengan cara kredit. Salah satua alasana adalah kurangnya dana kontan untuk membeli atau dialokasikan untuk kebutuhan lain Makalah kali ini lebih mendalami tentang hokum kredit pembelian barang.

B. Rumusan masalah
1. Apa pengertian jual beli dalam islam?
2. Apa pengertian kredit ?
3. Bagaimana hukum kredit dalam islam?
C. Tujuan
1. Menjelaskan pengertian jual beli dalam islam.
2. Menjelaskan pengertian kredit .
3. Menjelaskan hukum kredit dalam islam.
D. Metode penelitian
Dalam penyusunan makalah ini menggunakan metode penelitian pustaka (library Research) yaitu dengan mengumpulkan data-data dari buku dan jurnal.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Jual Beli
1. Pengertian jual beli
Jual beli menurut bahasa al-bai al-ijarah dan al-mubadalah yang berarti menjual atau perdagangan. Menurut istilah yang dimaksud jual beli adalah menukar barang dengan barang atau barang dengan uang dengan jalan melepaskan hak milik dari yang satu kepada yang lain atas dasar saling merelakan.
Jual beli disyariatkan di dalam Alquran, sunnah, ijma, dan dalil akal. Allah SWT berfirman:
•     
“Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”
(QS. Al-Baqarah 2:275).

2. Klasifikasi jual beli
Jual beli dibedakan dalam banyak pembagian berdasarkan sudut pandang. Adapun pengklasifikasian jual beli adalah sebagai berikut:
a. Berdasarkan objeknya.
Jual beli berdasarkan objek dagangannya terbagi tiga jenis, yaitu:
1) Jual beli umum, yaitu menukar uang dengan barang.
2) Jual beli as-Sharf (Money Changer), yaitu penukaran uang dengan uang.
3) Jual beli muqayadhah (barter), yaitu menukar barang dengan barang.


b. Berdasarkan cara pembayarannya.
Ditinjau dari cara pembayaran, jual beli dibedakan menjadi empat macam:
1) Jual beli dengan penyerahan barang dan pembayaran secara langsung (jual beli kontan).
2) Jual beli dengan pembayaran tertunda (jual beli nasi’ah).
3) Jual beli dengan penyerahan barang tertunda (jual beli as-salam).
4) Jual beli dengan penyerahan barang dan pembayaran sama-sama tertunda.
c. Berdasarkan cara standarisasi harga.
1) Jual beli bargainal (tawar menawar). Yakni jual beli dimana penjual tidak
meberitahukan besarnya modal dari barang yang dijualnya.
2) Jual beli amanah. Yakni jual beli dimana penjual memberitahukan harga modal dari barang jualannya. Dengan dasar jual beli ini, jenis jual beli tersebut terbagi
lagi menjadi tiga jenis:
• Jual beli murabahah. Yakni jual beli dengan modal dan keuntungan yang diketahui.
• Jual beli wadhi’ah. Yakni jual beli dengan harga di bawah modal dan jumlah kerugian yang diketahui.
• Jual beli tauliyah. Yakni jual beli dengan menjual barang dalam harga modal, tanpa keuntungan dan kerugian.
3) Jual beli muzayadah (lelang). Yakni jual beli dengan cara penjual menawarkan barang dagangannya, lalu para pembeli saling menawar dengan menambah jumlah pembayaran dari pembeli sebelumnya, lalu si penjual akan menjual dengan harga tertinggi dari para pembeli tersebut. Kebalikan dari jual beli lelang ini adalah jual beli munaqadhah (obral). Yakni si pembeli menawarkan diri untuk membeli barang dengan kriteria tertentu, lalu para penjual berlomba menawarkan dagangannya, kemudian si pembeli akan membeli dengan harga termurah yang mereka tawarkan.

3. Rukun dan syarat jual beli
Dalam menetapkan rukun jual beli, di antara ulama terjadi perbedaan pendapat. Menurut Ulama Hanafiyah, rukun jual beli adalah ijab dan qabul yang menunjukkan pertukaran barang secara ridla, baik dengan ucapan maupun perbuatan.
Rukun jual beli ::
a. bai’ (penjual)
b. mustari (pembeli)
c. shighat (ijab dan qabul)
d. ma’qud ’alaih (benda atau barang)
Syarat jual beli :
a. Objek jual beli harus suci, bermanfaat, bisa diserahterimakan, dan merupakan milik penuh salah satu pihak.
b. Mengetahui objek yang diperjualbelikan dan juga pembayarannya, agar tidak terhindar faktor ‘ketidaktahuan’ atau ‘menjual kucing dalam karung’ karena hal tersebut dilarang.
B. Pengertian Kredit
Jual Beli Kredit dalam bahasa Arabnya disebut bai’ taqsith yang pengertiannya menurut istilah syari’ah, ialah menjual sesuatu dengan pembayaran yang diangsur dengan cicilan tertentu, pada waktu tertentu, dan lebih mahal daripada pembayaran kontan/tunai. Gambaran umumnya adalah penjual dan pembeli sepakat bertransaksi atas suatu barang (x) dengan harga yang sudah dipastikan nilainya (y) dengan masa pembayaran (pelunasan) (z) bulan. Harga harus disepakati di awal transaksi meskipun pelunasannya dilakukan kemudian. Perbedaan harga cicilan dari harga kontan, bukan termasuk riba. Itu merupakan keuntungan dalam jual beli barang sebagai kompensasi tertahannya hak penjual dalam jangka waktu tertentu.
Aplikasi bai’ taqsith dapat mendatangkan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya, karena banyak orang tidak mampu menyerahkan harga secara menyeluruh. Tetapi dengan cicilan, ia bisa memanfaatkan dan memiliki barang yang dibutuhkan

C. Hukum jual beli kredit
1. Jual beli kredit diharamkan
Contoh : Ali menawarkan sepeda motor kepada Iwan dengan harga Rp. 12 juta. Iwan membayar dengan cicilan dengan ketentuan bahwa setiap bulan dia terkena bunga 2 % dari Rp. 12 juta atau dari sisa uang yang belum dibayarkan..Transaksi seperti ini termasuk dalam riba nasiah , karena kedua belah pihak tidak menyepakati harga dengan pasti, tetapi harganya tergantung dengan besar bunga atau presentase dan masa cicilan. Yang seperti ini jelas haram.
        
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan Riba dengan berlipat ganda.” (QS. Ali Imron: 130)
Hukum Bunga menurut fatwa MUI:
a. Praktek pembungaan uang saat ini telah memenuhi kriteria riba yang terjadi pada jaman Rasulullah SAW, Ya ini Riba Nasi’ah. Dengan demikian, praktek pembungaan uang ini termasuk salah satu bentuk Riba, dan Riba Haram Hukumnya.
b. Praktek Penggunaan tersebut hukumnya adalah haram,baik di lakukan oleh Bank, Asuransi,Pasar Modal, Pegadian, Koperasi, Dan Lembaga Keuangan lainnya maupun dilakukan oleh individu.
2. Jual beli kredit diperbolehkan
Contoh : Ahmad menawarkan sepeda motor pada Budi dengan harga Rp. 12 juta. Karena Budi tidak punya uang tunai Rp.12 juta, maka dia minta pembayaran dicicil (kredit). Untuk itu Ahmad minta harganya menjadi Rp. 18 juta yang harus dilunasi dalam waktu 3 tahun. Harga Rp. 18 juta tidak berdasarkan bunga yang ditetapkan sekian persen, tetapi merupakan kesepakatan harga sejak awal. Transaksi seperti ini dibolehkan dalam Islam.

a. Dalil-dalil yang memperbolehkan jual beli dengan pembayaran tertunda.
Firman Allah Ta'ala
         
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu'amalah (berjualbeli, hutang piutang, atau sewa menyewa dan sebagainya) tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menulisnya” (QS. Al Baqarah: 282).
Hadits Rasulullah
Dari Aisyah berkata, "Sesungguhnya Rasulullah rnembeli makanan dari seorang Yahudi dengan pembayaran tertunda. Beliau memberikan baju besi beliau kepada orang tersebut sebagai gadai” (HR. Bukhari 2068, Muslim 1603).
Hadits ini tegas bahwa Rasululah mendapatkan barang kontan namun pembayarannya tertunda.

b. Dalil-dalil yang menunjukkan dibolehkannya memberikan tambahan harga karena penundaan pembayaran atau karena penyicilan.
Firman Allah Ta'ala
             
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling mernakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka diantara kamu” (Q.S. An Nisa': 29).
Keumuman ayat ini mencakup jual beli kontan dan kredit, maka selagi jual beli kredit dilakukan dengan suka sama suka maka masuk dalam apa yang diperbolehkan dalam ayat ini.
Hadits Rasulullah
Dari Abdullah bin Abbas berkata,
Rasulullah datang ke kota Madinah, dan saat itu penduduk Madinah melakukan jual beli buah-buahan dengan cara salam dalam jangka satu atau dua tahun, maka beliau bersabda,
"Barangsiapa yang jual beli salam maka hendaklah dalam takaran yang jelas, timbangan yang jelas sampai waktu yang jelas" (HR. Bukhari 2241, Muslim 1604).

Pengambilan dalil dari hadits ini, bahwa Rasulullah membolehkan jual beli salam asalkan takaran dan timbangan serta waktu pembayarannya jelas, padahal biasanya dalam jual beli salam uang untuk membeli itu lebih sedikit daripada kalau beli langsung ada barangnya. Maka begitu pula dengan jual beli kredit yang merupakan kebalikannya yaitu barang dahulu dan uang belakangan meskipun lebih banyak dari harga kontan..
c. Dalil Ijma’
Sebagian Ulama’ mengklaim bahwa dibolehkannya jual beli dengan kredit dengan perbedaan harga adalah kesepakatan para ulama’.
d. Dalil qiyas
Sebagaimana yang telah lewat bahwasannya jual beli kredit ini diqiaskan dengan jual beli salam yang dengan tegas diperbolehkan Rosululloh, karena ada persamaan, yaitu sama-sama tertunda. hanya saja jual beli salam barangnya yang tertunda, sedangkan kredit uangnya yang tertunda. Juga dalam jual beli salam tidak sama dengan harga kontan seperti kredit juga hanya bedanya salam lebih murah sedangkan kredit lebih mahal.

5. Dalil Maslahat
Jual beli kedit ini mengandung maslahat baik bagi penjual maupun bagi pembeli. Karena pembeli bisa mengambil keuntungan dengan ringannya pembayaran karena bisa diangsur dalam jangka waktu tertentu dan penjual bisa mengambil keuntungan dengan naiknya harga, dan ini tidak bertentangan dengan tujuan syariat yang memang didasarkan pada kemaslahatan umat.
Berkata Syaikh Bin Baz disela-sela jawaban beliau mengenai jual beli kredit,
"Karena seorang pedagang yang menjual barangnya secara berjangka pembayarannya setuju dengan cara tersebut sebab ia akan mendapatkan tambahan harga dengan penundaan tersebut. Sementara pembeli senang karena pembayarannya diperlambat dan karena ia tidak mampu mambayar kontan, sehingga keduanya mendapatkan keuntungan." (Ahkamul Ba'i, Syaikh Jarulloh, hal. 58).


BAB III
PENUTUP

Dari pemaparan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa jual beli merupakan pertukaran antara penjual dan pembeli baik berupa barang ke uang, ataupun barang ke barang. Jual beli kredit termasuk dalam jual beli umum yaitu menukar uang dengan barang, dan jual beli dengan pembayaran secara tertunda dan dalam bentuk cicilan dalam waktu-waktu yang ditentukan.. Jual beli kredit merupakan kebalikan dari jual beli salam, dimana salam adalah uang dimuka barang tertunda, sedangkan kredit barang dimuka uang tertunda.
Dan penambahan harga pembayaran barang karena tertunda diperbolehkan dengan alasan suka sama suka dan saling menguntungkan serta mengandung maslahat bagi penjual dan pembeli. Pembeli bisa mengambil keuntungan dengan ringannya pembayaran karena bisa diangsur dalam jangka waktu tertentu dan penjual bisa mengambil keuntungan dengan naiknya harga.







DAFTAR PUSTAKA


• Suhendi, hendi, Fiqh Muamalah, Jakarta: PT. raja Grafindo, 2008.
• Al-Muslih Abdullah dan Shalah ash-Shawi, Fikih Ekonomi Keuangan Islam Jakarta: . Darul haq. 2004
• http://ekonomi-syariah.com/2009/10/02. Transaksi_jual-beli_dalam_islam/
• http://ahmadsabiq.com/2010/01/08/hukum-jual-beli-kredit/
• Keputusan fatwa MUI Nomor 1 tahun 2004 tentang bunga

Sebaran Matakuliah Jurusan Dakwah - Program Studi KPI

Sebaran matakuliah
Kurikulum berbasis Kompetensi
Jurusan Dakwah - Program Studi KPI

Semester 1 Jurusan Dakwah - KPI
No
Kode
Matakuliah
SKS
1
Sti.001
Filsafat Pancasila
2
2
Sti.003
Akidah Islamiyah
3
3
Sti.006
Ulumul Qur'an
3
4
Sti.007
Ulumul Hadis
3
5
Sti.008
Islamic Building
2
6
Sti.014
IAD/ILH
2
7
Sti.015
ISD/IBD2
8
Sti.019
Bahasa Inggris I2
9
Sti.021
Bahasa Arab I2
10
Sti.024
BTA & PPI *)0


Jumlah
21
*) Teknis pelaksanaannya diatur kemudian

Semester 2 Jurusan Dakwah - KPI
No
Kode
Matakuliah
SKS
1
DAK.001
Ilmu Dakwah Institusi
2
2
Sti.002
Civic Education
2
3
Sti.004
Fiqh
4
4
Sti.009
Ushul Fiqh
2
5
Sti.012
Logika
2
6
Sti.016
Sejarah Kebudayaan Islam
2
7
Sti.018
Bahasa Indonesia
2
8
Sti.020
Bahasa Inggris II
2
9
Sti.022
Bahasa Arab II
2


Jumlah
20




Semester 3 Jurusan Dakwah - KPI
No
Kode
Matakuliah
SKS
1
DAK.002
Ilmu Dakwah II
2
2
DAK.003
Sejarah Dakwah
2
3
DAK.012
Sosiologi Agama
2
4
DAK.013
Ilmu Komunikasi
3
5
DAK.014
Retorika
3
6
Sti.005
Akhlaq Tasawuf
2
7
Sti.010
Filsafat Islam
2
8
Sti.011
Filsafat Ilmu
2
9
Sti.013
Metodologi Penelitian
2
10
Sti.025
Komputer & Pengenalan Internet *)
0


Jumlah
20
*) Teknis pelaksanaannya diatur kemudian


Semester 4 Jurusan Dakwah - KPI
No
Kode
Matakuliah
SKS
1
DAK.004
Filsafat Dakwah
3
2
DAK.005Kapita Selekta Dakwah
3
3
DAK.011Statistik Sosial
2
4
DAK.016Tafsir hadits Ijtima'i I
2
5
DAK.021Jurnalistik
3
6
DAK.202Sosiologi Komunikasi
2
7
DAK.203Psikologi Komunikasi
2
8
DAK.212AVA
3
9
DAK.215Desain Grafis
2


Jumlah
22


Semester 5 Jurusan Dakwah - KPI
No
Kode
Matakuliah
SKS
1
DAK.007
Psikologi Dakwah
2
2
DAK.008Manajemen Dakwah
2
3
DAK.015Fiqh Sosial
3
4
DAK.017Tafsir Hadis Ijtima'i
2
5
KPI.008Teknik Reportase
2
6
KPI.009Teknik Editing
2
7
KPI.010
Teknik Writing
2
8
KPI.013
Teknik Advertising
3
9
Sti.017
Sejarah Kebudayaan Lokal
2


Jumlah
20


Semester 6 Jurusan Dakwah - KPI
No
Kode
Matakuliah
SKS
1
DAK.009
Strategi Pengembangan Dakwah
2
2
DAK.010Metodologi Penelitian Dakwah
3
3
DAK.019Kewirausahaan
2
4
DAK.204Komunikasi Antar Budaya
2
5
DAK.205Komunikasi Politik
2
6
DAK.211Teknik Penulisan Naskah
2
7
DAK.214Fotografi
3
8
DAK.216Desain Dakwah Multimedia
2
9
DAK.220manajemen Penerbitan dan Percetakan
3


Jumlah
20


Semester 7 Jurusan Dakwah - KPI
No
Kode
Matakuliah
SKS
1
DAK.006
Pemikiran Dakwah Kontemporer
2
2
DAK.018Bahasa dan Budaya Jawa
2
3
DAK.006Sistem Informasi Manajemen
3
4
DAK.007Public Relation
2
5
DAK.017Dramatologi dan Sinematografi
2
6
DAK.018Manajemen & Praktek Produksi Siaran TV
2
7
DAK.019Manajemen & Praktek Produksi Film
2
8
DAK.020Riset Audiens
2


Jumlah
19


Semester 4 Jurusan Dakwah - KPI
No
Kode
Matakuliah
SKS
1
DAK.020
Praktikum Jurusan / PPL
3
2
DAK.222Skripsi
6
3
DAK.023KKN
3


Jumlah
12

Jumlah Total 155 SKS

Peran dai terhadap efektifitas dakwah

PERAN DAI TERHADAP KEEFEKTIFAN DAKWAH




Makalah ini disusun guna memenuhi tugas terstruktur

Mata kuliah : Psikologi Komunikasi

Dosen pengampu : Enung Asmaya M.Ag



Disusun oleh :

Basirudin (032612022)


PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

JURUSAN DAKWAH

SEKOLH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)

PURWOKERTO

2010






BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah.
Islam adalah agama dakwah yakni agama yang memerintahkan kepada pemeluknya untuk menyebarkan dan mensosialisasikan Islam ke tengah kehidupan masyarakat. Sehingga ajaran Islam benar-benar menyatu dalam kehidupan individu, keluarga dan masyarakat.
Aplikasi dakwah sebagai upaya sosialisasi ajaran Islam pada mulanya merupakan tugas Nabi Muhammad SAW, bahkan sebelum beliaupun telah banyak Nabi dan Rasul yang diutus untuk melaksanakan tugas yang sama. Sehingga dapat dikatakan bahwa dakwah adalah mata rantai yang menghubungkan suatu zaman dengan zaman berkutnya, karena masing-masing rasul telah melakukan tugas ini dengan cukup mengesankan.
Keberhasilan suatu dakwah tentunya tidak lepas dari unsur-unsur dari dakwah. Yaitu adanya dai, tujuan, materi, metode dan media. Namun dai adalah unsur utama yang mempengaruhi keberhasilan suatu dakwah. Karena dakwah sebagai proses komunikasi, maka peran komunikator atau dai sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu dakwah.

B. Rumusan mdai dalam efektifitas dakwah.
asalah
1. Apa pengertian dakwah?
2. Apa cirri-ciri dakwah efektif?
3. Apa peran dai dalam efektifitas dakwah?

C. Tujuan
1. Untuk mengetahui apa arti dari dakwah.
2. Untuk mengetahui apa saja cirri-ciri dakwah yang efektif.
3. Untuk mengetahui apa saja peran

D. Metode Penelitian
Dalam penyusunan makalah ini menggunakan metode penelitian pustaka (library Research) yaitu dengan mengumpulkan data-data dari buku dan jurnal.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian dakwah
Dakwah menurut pengertian bahasa (lughawi) berasal dari bahsa Arab: da’a, yad’u, da’watan yang berarti mengajak, memanggil dan menyeru. Orang yang melakukannya disebut dai. Namun secara terminologis bnayak pendapat tentang dakwah, Amrullah Ahmad mendefinisikan dakwah sebagai upaya mengajak manusia supaya masuk ke dalam jalan Allah secara menyeluruh (kaffah), baik dengan lisan, tulisan maupun perbuatan sebagai ikhtiar muslim mewujudkan Islam menjadi kenyataan kehidupan pribadi, usrah (kelompok), jama’ah dan ummah. Sementara itu, Muhammad Natsir memberikan pengertian dakwah sebagai usaha menyerukan dan menyampaikan kepada perorangan manusia dan seluruh umat tentang pandangan dan tujuan hidup manusia di dunia yang meliputi amar ma’ruf nahi munkar, dengan berbagai macam media dan cara yang diperbolehkan oleh akhlak, dan membimbing pengalamannya dalam perikehidupan perseorangan, berumah-tangga, bermasyarakat, dan bernegara.
Dakwah menurut Al-quran surat Al-Imran 104 :

104. Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar[217]; merekalah orang-orang yang beruntung.
Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa dakwah adalah menyeru kepada kebajikan dengan menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari hal yang munkar. Dan dari beberapa definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dakwah adalah proses kegiatan komunikasi untuk menyampaikan kebenaran dan mencegah kemungkaran dari seorang dai.

B. Unsur–unsur Dakwah
Keberhasilan dakwah akan terwujud dengan baik apabila unsur-unsur dakwah terpenuhi dengan baik. Adapun unsur-unsur dakwah tersebut antara lain:

1. Dai
Kata dai berasal dari bahasa Arab yang berarti orang yang mengajak. Menurut istilah dai adalah orang yang mengajak kepada orang lain baik secara langsung atau tidak langsung, melalui lisan, tulisan, ataupun perbuatan kearah kondisi lebih baik menurut ajaran Islam. Pada dasarnya dai memiliki tugas yang pokok yaitu meneruskan tugas rasul Muhammad saw, sebagai pewaris nabi yaitu menyampaikan ajaran Allah seperti yang termuat dalam Al-quran, dan jugamenyampaikan ajaran Rasul saw ( as-sunnah).

2. Tujuan dakwah
Tujuan ini dimaksudkan untuk memberi arah dan pedoman bagi gerak langkah kegiatan dakwah.

3. Materi dakwah
Pada dasarnya materi dakwah tergantung pada tujuan dakwah yang hendak dicapai. Namun secara global dapatlah dikatakan bahwa materi dapat diklasifikasikan menjadi tiga hal, yaitu masalah keimanan (aqidah), masalah keislaman (syariah), masalah budi pekerti (akhlaq al-karimah)

4. Metode dakwah
Pada hakikatnya metode adalah sebagai pelayan, jalan atau alat saja, tidak ada metode yang seratus persen baik. Prinsip-prinsip penggunaan metode dakwah harus dilakukan sesuai dengan laisan masyarakat yang menjadi objek dakwahnya (mad’u), yakni dengan al-hikmah, dengan nasihat (mauzizhah hasanah,) dan dengan debat yang argumentatif (mujadalah) sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran Surat An-Nahl 125:


125. serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.

5. Media dakwah
Yaitu segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan dakwah yang telah ditentukan. Diantara media dakwah adalah lembaga-lembaga pendidikan formal, lingkungan keluarga, organisasi Islam, media massa (radio, televisi, internet, surat kabar, dan majalah), dan seni budaya.

C. Peran dai dalam keefektifan dakwah
Dakwah disini kita pandang sebagi suatu proses komunikasi, maka efektifitas dakwah identik dengan efektifitas komunikasi. Komunikasi dikatakan efektif bila rangsangan yang disampaikan oleh komunikator (dai) dapat ditangkap dan difahami oleh penerima (mad’u). dalam hal teknisnya dakwah bisa berupa dakwah bi-lisan dan dakwah bi-hal, maka diperlukan keteladanan dai agar rangsangan tersebut bisa diterima baik secara bilogis maupun psikologis oleh mad’u. Model dakwah semacam ini dapat disebut dakwah persuasif.
Yang penting apa yang disampaikan kepada mad’u itu sesuai dengan cara berfikir dan cara merasa mereka, sehingga mad’u mengikuti kehendak dai tetapi merasa sedang mengikuti kehendak sendiri. Jika dakwah disampaikan secara persuasif, maka pasti komunikatif. Jika komunikatif maka pasti lebih efektif.


Efektifitas dakwah dapat ditandai dengan lima hal :
1. Melahirkan pengertian mad’u tentang pesan apa yang disampaikan dai.
2. Menimbulkan kesenangan.
3. Menimbulkan pengaruh pada sikap mad’u.
4. Menimbulkan hubungan yang semakin baik antara dai dan mad’u.
5. Menimbulkan tindakan.

Efektifitas dan keberhasilan proses komunikasi tidak bisa lepas dari kredibilitas komunikator dakwah (dai) dan kepiawaian mengemas pesan yang disampaikan. Karena itu peran dan pengaruh dai sangat besar.Dalam sebuah komunikasi, pesan yang diterima komunikan (mad’u) bukan hanya ditentukan oleh isi pesan saja, melainkan berbagai faktor, faktor tersebut yang terpenting adalah komunikator (dai, pembicara, penyampai, komunikator)-nya. Komunikator pada hakikatnya tidak hanya mengkomunikasikan sebuah pesan tetapi dirinya sendiri adalah pesan itu sendiri.
Setidaknya terdapat tiga faktor yang mempengaruhi efektifitas komunikator dalam menyampaikan pesan, yakni kredibilitas, atraksi, dan kekuasaan.

Kredibilitas Dai
Kredibilitas adalah hasil penilaian orang lain tentang diri pembicara, setelah mereka menerima informasi tentang pembicara baik secar langsung maupun tidak langsung. Kredibilitas tidak terletak pada diri pembicara melainkan pada persepsi khalayak (audiens) tentang pembicara. Karena kredibilitas merupakan hasil penilaian atau persepsi khalayak terhadap komunikator maka kredibilitas dapat dibentuk atau dibangun dan selalu berubah tergantung kepada pelaku persepsi (komunikan), topic yang dibahas dan situasi. Kredibilitas dapat dibangun dari pengamatan langsung terhadap komunikator juga dari informasi-informasi dari luar seperti teman, sahabat, orangtua, media massa, dan lain-lain.

Attraksi
Atraksi berasal dari bahasa latin attrahere, at berarti “menuju” dan trahere berarti “menarik”. Atraksi berarti sikap positif atau daya tarik komunikator. Dalam suatu proses komunikasi, daya tarik komunikator akan sangat mempengaruhi keberhasilan komunikasi. Semakin besar daya tarik yang dimiliki oleh komunikator, maka semakin besar kecenderungan orang untuk berkomunikasi dan terpengaruh.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi daya tarik komunikator, baik yang bersifat personal maupun situasional. Faktor personal yang mempengaruhi daya tarik komunikator terdiri dari kesamaan karakteristik personal, tekanan emosional, harga diri yang rendah dan isolasi sosial. Adapun faktor situasional yang mempengaruhi dayatarik komunikator terdiri dari daya tarik fisik, ganjaran (reward), familiary, kedekatan (proximity) dan kemampuan (competence).

Kekuasaan
Yang dimaksud kekuasaan disini adalah kemampuan menimbulkan ketundukan. Ketundukan timbul dari interaksi antar komunikator dan audiens. Kekuasaan menyebabkan seorang komunikator dapat “memaksakan” kehendaknya kepada orang lain karena ia memiliki sumber daya yang sangat penting (critical resources). Menurut penelitian Frenc dan Raven, ada 5 jenis kekuasaan, yaitu; pertama, kekuasaan koersif (coersive power). Kekuasaan koersif menunjukkan kemampuan komunikator untuk mendatangkan ganjaran atau memberikan hukuman pada audiens. Kedua, kekuasaan keahlian (expert power). Kekuasaan ini berasal dari pengetahuan, pengalaman, ketrampilan atau kemampuan yang dimiliki komunikator. Ketiga, kekuasaan informasional (informational power). Kekuasaan ini berasal dari isi komunikasi tertentu atau pengetahuan baru yang dimiliki oleh komunikator. Keempat, kekuasaan rujukan (referent power). Di sini audiens menjadikan komunikator sebagai kerangka rujukan untuk menilai dirinya. Komunikator dikatakan memiliki kekuasaan rujukan bila ia berhasil menanamkan kekaguman kepada audiens sehingga seluruh perilakunya diteladani. Kelima, kekuasaan legal (legitimate power). Kekuasaan ini berasal dari seperangkat peraturan atau norma yang menyebabkan komunikator berwewenang untuk melakukan suatu tindakan .




BAB III
PENUTUP

Dakwah merupakan suatu kegiatan menyeru kebaikan dan mencegah pada yang mungkar. Hal ini tentu tidak lepas dari unsur-unsur dakwah itu sendiri yang menujang keberhasilan suatu dakwah. Selain dari isi pesan yang disampaikan dalam dakwah, peran dai juga sangat menentukan. Dakwah dikatakan efektif bila pesan yang disampaikan oleh dai dapat di terima atau dipahami oleh mad’u, menimbulkan kesenangan, menimbulkan perubahan sikap dan adanya tindakan dari mad’u.
Dakwah sebagai proses komunikasi untuk mengkomunikasikan suatu kebenaran dari seorang dai kepada mad’u. Setidaknya ada tiga faktor yang mempengaruhi keefektifan komunikator dalam dakwah yaitu kredibilitas, attraksi dan kekuasaan. Apabila faktor tersebut bisa dimiliki oleh seorang dai, maka akan tercipta dakwah yang komunikatif sehingga tujuan dakwah tercapai.




DAFTAR PUSTAKA

• Asmaya, Enung, Aa Gym dai sejuk dalam masyarakat majemuk, (Jakarta: Hikmah, 2003)
• Amrullah Ahmad (Ed.), Dakwah Islam dan Perubahan Sosial (Yogyakarta: Primadduta, 1993)
• Muhammad Natsir, Fiqhud Da’wah (Jakarta: Media Dakwah, 2000),
• Aliyudin, Dasar-dasar ilmu dakwah(Bandung: Fakultas dakwah USG, 2007)
• Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, (Bandung: Rosdakarya, 1998)
• http://groups.yahoo.com/group/daarut-tauhiid/message/27193

Jumat, 18 Juni 2010

Konstruksi sosial dalam iklan axe

Iklan Axe versi nomor Handphone

Sampai saat ini kita sebagai masyarakat terus menyaksikan sebuah “perlawanan” terhadap citra tradisional, perempuan sebagai sosok feminim, lembut, dan tidak agresif dihadapan lawan jenis. Melalui berbagai teks yang ada, seperti Novel Saman atau film Virgin, kita menyaksikan sebuah parade perlawanan terhadap konstruksi perempuan sebagai sosok yang feminim dan tidak agresif. Melalui teks semacam itu, konstruksi lama tentang perempuan dibalik dan diganti dengan konstruksi yang berbeda.

Tapi, teks-teks yang menggugat konstruksi lama tentang perempuan bukan hanya berupa karya sastra, lagu atau film. Iklan, sebagai salah satu teks yang mendominasi kehidupan kontemporer kita, juga ikut dalam arus pembalikan kontruksi tersebut. Salah satu teks iklan yang konsisten memberikan gambaran yang berbeda dengan citra perempuan sebagai sosok yang feminim dan tidak agresif adalah iklan Axe, sebuah produk parfum khusus pria.

Kalau dalam banyak iklan lain perempuan dikonstruksi sebagai sosok yang hampir selalu pasif dihadapan aki-laki, iklan Axe secara vulgar dan berlebihan menampilkan sosok perempuan yang agresif dihadapan laki-laki. Kalau kita mencermati berbagai versi iklan parfum tersebut, kita akan melihat sebuah pola yang hampir sama.

Dari dulu sampai sekarang, iklan Axe selalu menampilkan laki-laki dan perempuan sebagi tokohnya. Didalam iklan tersebut, laki-laki yang digambarkan sebagai pemakai produk Axe akan selalu mendapatkan simpati dari para perempuan cantik yang ditemuinya. Lebih dari itu, laki-laki dalam iklan Axe akan selalu menerima perlakuan agresif dan berlebihan dari para perempuan yang ditemuinya.

Perlakuan agresif yang diterima para lelaki dalam iklan Axe, menurut versi si pembuat iklan, adalah karena efek dari pemakaian produk Axe, atau dalam bahasa iklan tersebut: “The Axe Effect”.

Iklan Axe versi nomor handphone

Episode lampu merah

Dalam iklan ini, diceritakan seorang laki-laki yang mengendarai motor berhenti di lampu merah disebelah mobil seorang wanita cantik, tak sengaja ia menoleh dan mendapati si cewek begitu menggoda hingga ia terhanyut, tapi ternyata si cewek hanya menghembuskan uap ke kaca mobil dan menuliskan sederet nomor handphonenya.

Episode perpustakaan

Dalam iklan ini menceritakan seorang laki-laki yang pergi ke perpustakaan kemudian memperhatikan seorang wanita yang sedang kebingungan ( pura pura handphonenya hilang setelah menghirup parfum Axe) kemudian mengdatangi si laki-laki dan meminjam handphonenya untuk miscall. Ternyata, handphone (yang sudah diketahuinya) ada di saku belakangnya. Disini dia hanya ingin memberitahukan nomor handponenya untuk dihubungi.

Iklan versi nomor handphone ini bentuk agresifitas perempuan digambarkan hanya berupa pemberian nomor handphone secara genit terhadap laki-laki tak dikenal dengan isyarat agar sang laki-laki menghubungi setelah pertemuan itu. Sedangkan laki-laki bertindak pasif dalam hal ini. Tindakan pemberian nomor handphone bagi seorang perempuan tanpa diminta pada orang tak dikenal memang sebuah tindakan yang tak biasa jika kita bandingkan dengan kondisi sehari-hari.

Di dalam iklan Axe, citra yang ingin dihasilkan dari explotasi agresifitas perempuan adalah citra tentang Axe sebagai “produk penakluk perempuan”. Bahwa laki-laki di Indonesia akan merasa sangat bangga jika mereka berhasil mendapatkan nomor telepon seorang gadis. Dan untuk mendapatkan nomor handphone bagi laki laki adalah harus aktif, jika laki-laki memakai Axe maka mereka tidak perlu aktif si wanita yang akan mendekat dan meberikan nomor handphonenya.

Selasa, 15 Juni 2010

Logo STAIN PURWOKERTO

















Arti lambang STAIN PURWOKERTO :

a. Bentuk lambang adalah garis lengkung membentuk lima sudut, melambangkan sila-sila dari Pancasila;

b. Dua bulu angsa yang pangkalnya berbentuk pena, melambangkan keilmuan;

c. Konfigurasi kubah masjid yang dibentuk oleh lengkungan bulu angsa dan pita melambangkan keislaman;

d. Kitab al-Qur’an yang terbuka melambangkan dasar keilmuan Islam;

e. Garis 17 pada pita, garis 8 pada kitab al-Qur’an dan garis 45 pada kedua belah bulu angsa melambangkan hari kemerdekaan Indonesia;

f. Tiga simpul pada pangkal bulu angsa melambangka kesatuan iman, islam dan ihsan;

g. Warna dasar hijau melambangkan kedamaian dan warna kuning pada garis lengkung melambangkan kemuliaan dan kebesaran jiwa, dan

h. Tulisan STAIN PURWOKERTO menunjukan kedudukan nama dan tempat.

seumber : STAIN PURWOKERTO

Jumat, 11 Juni 2010

Update status Facebook dgn bahasa asing

Update dengan bahasa asing, Arab Jepang Kanji dan yang lainnya di facebook. Kelihatan keren kali ya.. wuih hebat bisa bahasa apa aja..


Sebenarnya gampang banget untuk meng update atau mengartikan update-an dengan bahasa asing..

Google translate kuncinya..



Sebuah layanan terjemahan bahasa dari eyang Google, yang sekarang ini sudah terdapat 42 bahasa yang bisa diterjemahkan satu sama lainnya.

Menghilangkan iklan di Facebook

Bagi anda yang sering ber-Facebook ria tentu sudah tidak asing lagi, saat anda melihat-lihat profile sendiri maupun profile orang lain, pasti anda akan disajikan jajaran iklan yang tepat berada di sisi sebelah kanan. Yang lebih mengesalkan di Facebook tidak ada setting untuk mendisable iklan-iklan tersebut, hingga andapun terpaksa harus terus menerus melihat iklan-iklan tersebut secara berulang-ulang. Bahkan yang lebih parah lagi, bila koneksi internet anda lemot kehadiran iklan-iklan ini menambah lemot proses loading Facebook anda.

Iklan-iklan yang ada di Facebook merupakan sumber pemasukan utama bagi Facebook sendiri, dan tentunya Facebook tidak akan suka bila kemudian anda menghilangkan iklan-iklan tersebut. Tapi, jika anda merasa bahwa kehadiran dan keberadaan iklan-iklan tersebut sudah sangat mengganggu kenyamanan anda dalam ber-facebook ria, tidak ada jalan selain meremove atau menghilangkan iklan-iklan tersebut meskipun itu hanya dari komputer anda saja.

Ada banyak Facebook Code yang bisa anda pakai untuk menghilangkan iklan-iklan Facebook, satu yang terbaik adalah Facebook Code “Remove All Facebook Ads” yang dibuat oleh Tidalwav. Cukup anda instal Remove All Facebook Ads, di komputer anda maka andapun akan terbebas dari iklan-iklan yang ada di Facebook dan kini andapun bisa lebih cepat mengakses Facebook karena ketidakhadiran iklan-iklan tersebut.

Sebelum menginstal code Remove All Facebook Ads, jangan lupa pastikan di komputer anda telah terinstal Add-On GreaseMonkey, yaitu Add-on yang memungkinkan kita menginstal script-script sehingga kelakuan Firefox bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita.











Setelah sukses menginstall maka di menu add-on akan tampil. jangan lupa di restart firefoxnya agar add-on bisa berfungsi.

Untuk memulai menginstal code Remove All Facebook Ads, silahkan arahkan browser anda ke Instal Remove All Facebook Ads, setelah itu anda klik tombol INSTAL seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Tampilan sesudah dan sebelum di instal :



















Selamat mencoba...

Minggu, 06 Juni 2010

internet gratis telkomsel juni 2010

Apn: telkomsel2

proxy:
174.129.219.95
174.129.220.253
174.129.221.2
174.129.242.253

221.132.192.27
202.150.217.76

smua pake port: 80

Cara setting internet gratis telkomsel via handPhone:
1. Masuk ke Pengaturan sambungan
2. Bikin sambungan baru, namain terserah misal gratisan
3. isi APN dengan : telkomsel2. username sama pasword kosongin aja
4. pilih pengaturan lanjutan, masukkan proxy


Download Cara setting internet gratis telkomsel via handPhone


Cara seting internet gratis telkomsel di komputer :
Mozila: Tools - option - advanted - network - setting - manual proxy configuration
Internet Explorer : Tools - Internet options - Connections - Proxy server
Opera : Tools - Preferences - Advanted - Networks - Proxy servers

Download Cara seting internet gratis telkomsel di komputer


Selamat mencoba

Jumat, 04 Juni 2010

Trik Hapus Virus Conime.exe

Pusing.. Baru aja konek internet tiba2 putus.. gak bisa konek lagi.. Kompi mintanya di restart.. haduh scvhost erorr.. ternyata kena virus.. dah di install ulang masih ada juga.. dua hari ga nyaman dengan koneksi internet..

Jangan sampai pengalamanku menimpa kalian yach.. ciri2 terkena virus conime adalah layar tampilan menjadi windows clasic trus kembali lagi disertai dengan disconnect internet.. virus ini juga menyababkan LAN tidak konek..

Virus ini biasanya dari koneksi internet dimana website yang kita buka terdapat script yang menyebabkan virus masuk ke kompi kita. Sekarang kompiku dah aman setelah di pasang antivirus Avast yang bisa scan ip juga otomatis update yang tidak berat.

Berikut ini bagi yang belum bisa ini sedikit triknya:

Prosesnya dalah seperti ini, kita akan kill proses virus yang sedang berjalan di kompi kita karena tidak terlihat di task manager, kita gunakan program c4xhpezv, karna kalau hanya pake smadav nanti muncul lagi. Setelah itu bersihkan dengan smadav dan hilangkan yang ada di registry.

1. Download c4xhpezv di : disini

Save pada directory yang mudah diingat (buatkan juga foldernya)

2. Download smadav disini

Save menjadi satu folder yang sama dengan file yang tadi (biar gampang nyarinya aja)

3. Double klik (jalankan) icon GMER (c4xhpezv.exe) tunggu sesaat apabila ada file (alamat) di list yangberwarna merah hapus dengan cara klik kanan kemudia pilih kill proses. Setelah selesai exit program

4. Jalankan smadav yang sudah di install, ceklist drive semua drive pada pc anda. Kemudian klik tombol scan

Tunggu hingga selesai. Kemudian klik tombol fix all. Setelah selesai exit program

5. Sekarang saatnya kita bersihkan virus conime yang masih tersisa. Yang gampangnya dari Register editor aja.

Klik start kemudian arahkan pointer ke run Kemudian ketikkan regedit lalu klik ok.

pada menu pilih edit - find (Ctrl+f pada keyboard anda secara bersamaan).

Dan ketikan conime. lalu klik tombol find next, delet semua temuan yang ada (yang terblok tulisannya menjadi biru).

Kemudian tekan tombol find next ( F3 ), lalu delet temuan yang ada. Lakukan hingga selesai higga ada tulisan finish.